Selasa, 05 Februari 2013

5 Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Makan

Sesudah makan, ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya tak dilakukan sebab dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. 

Apa saja hal yang terlarang dilakukan setelah makan, berikut 5 hal diantaranya :

Minum Teh


Teh mengandung zat tannin, yang jika dikonsumsi usai makan dapat mengurangi kemampuan lambung menyerap protein dan zat besi. Jika terjadi dalam jangka panjang, maka tubuh bisa kekurangan protein dan zat besi.

Minum Air Es


Menurut ahli gizi, minum air es saat makan atau setelah makan dapat mempengaruhi efektifitas proses pencernaan dan penyerapan makanan. Ini karena sari makanan menjadi menggumpal sebab suhu dingin es, dan sulit diserap oleh tubuh. Yang paling baik adalah minum air putih hangat, sebab dapat membantu proses pencernaan dan penyerapan sari makanan.

Mandi


Usai makan, suhu tubuh manusia akan menurun. Jika Anda mandi usai makan, maka suhu tubuh yang menurun itu akan meningkat, dan membuat aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke usus dan lambung jadi berkurang. Akibatnya, proses pencernaan yang sedang berjalan menjadi kacau.

Merokok


Merokok usai makan membuat bahaya rokok meningkat 10 kali lebih besar. Ini karena zat yang ada dalam rokok memicu peredaran darah meningkat.

Tidur


Tidur usai makan memang menyenangkan, namun dampaknya ternyata buruk bagi pencernaan. Proses pencernaan dapat terganggu dan berakibat kembung dan terjadi peradangan di saluran pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar